Sedikit tentang Cache Memori Komputer

Pada umumnya para konsumen atau calon pembeli komputer hanya melihat spesifikasi komputer berupa HDD, RAM (Random Access Memory), Prosessor, sound card dan Display Adapter (VGA) untuk mengetahui tingkat kecepatan yang nantinya akan di hasilkan oleh komputer. Pada umumnya mereka jarang melihat apa yang di sebut sebagai cache memori.

Apa sih cache memori itu ?

saya umpamakan anda adalah seorang penjaga penyewaan CD. Tugas anda adalah mengambil dan mengembalikan CD yang di pinjam oleh konsumen. Karena saat ini sedang marak- maraknya film “Spiderman 3” dan “Harry Potter” maka banyak konsumen yang menyewa film tersebut. Kedua film tersebut diletakkan di rak film bagian film barat yang disana juga terdapat sederet film – film lainnya. Karena intensitas transaksi kedua film tersebut tinggi maka anda berinisiatif untuk menaruh kedua film tersebut di rak tersendiri di samping film – film lain yang memiliki tingkat transaksi yang cukup tinggi pula (namain aja film favorite). Dan anda tidak lupa pula untuk mendekatkan rak tersebut dengan meja kerja anda ( supaya tidak terlalu capek mondar- mandir). Dengan begitu setiap kali ada calon penyewa yang melakukan transaksi, anda dapat lebih cepat mengambil film- film yang sering di pinjam, dan tentunya anda di buat tidak terlalu capek  karena harus berjalan agak begitu jauh.

Begitu pula dengan cache memori, yang berfungsi untuk melakukan penyimpanan data- data yang sering diproses sehingga prosessor dapat lebih cepat dalam melakukan tugasnya.

Apa maksud dari cache memori 256 kb

seperti storage yang lainnya, cache memori juga memiliki kapasitas maksimal yang dapat digunakan. Seperti yang di ketahui, cache memori berfungsi sebagai tempat file- file yang sering di akses. Cache memori 256 kb, berarti ia hanya mampu menyimpan data-data sebesar 256 kb. Semakin tinggi cache memori, maka kecepatan dalam memproses data juga semakin cepat dan akhirnya akan meningkatkan performance komputer kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: